Klinik Operasi Plastik BANOBAGI

모바일 헤더 배경
닫기

Main Menu

딤처리

Operasi Revisi dengan Mempertimbangkan Struktur Kompleks

#Operasi Revisi Hidung

Hidung direkonstruksi, efek samping berkurang

Dokter Spesialis Bedah Plastik

01 Hal penting dalam Operasi Revisi Hidung adalah pengalaman & keterampilan Dokter Spesialis

Dokter Spesialis Bedah Plastik

Walaupun hidung ukurannya kecil, hidung memiliki struktur tulang, tulang rawan & jaringan lunak yg kompleks.
Selain itu, semakin banyak perubahan yg dilakukan dalam operasi hidung akan semakin merumitkan struktur & jaringan asli. Ada banyak alasan untuk operasi revisi, misalnya, ketidakpuasan secara estetika, masalah dengan fungsi hidung, efek samping, dll. Melakukan operasi revisi pada hidung dengan segala alasan tersebut adalah hal yang sangat sensitif.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mendapatkan Operasi Revisi Hidung dari Spesialis yg terampil & berpengalaman.
Apa yg diperlukan adalah pengetahuan & keterampilan dari Dokter Spesialis yg berpengalaman dalam menangani berbagai operasi di ruang operasi. BANOBAGI telah mempertahankan Tim Operasi Hidung khusus sejak pembukaan kami pada tahun 2000 & memastikan bahwa Operasi Revisi Hidung dilakukan oleh Spesialis bedah hidung yg sangat berpengalaman.

Dokter Spesialis Bedah Plastik

Waktu yang tepat untuk Operasi Revisi Hidung

Biasanya, pasien yg telah memutuskan Operasi Revisi ingin melakukannya sesegera mungkin. Ketika berhadapan dengan permasalahan hidung, stres dari ketidakpuasan sangat serius karena posisinya berada pada sentral siluet wajah & pasien cenderung menginginkan koreksi secepatnya.

Bagaimanapun, Operasi Revisi Hidung tidak dapat dilakukan secara terburu-buru, karena ada waktu yg tepat untuk melakukan operasi. Walaupun hal ini bergantung pada bagaimana operasi sebelumnya, waktu yg tepat untuk Operasi Revisi adalah ± 3~6 bulan dari operasi sebelumnya. Karena Operasi Revisi yg terperinci hanya dapat dilakukan setelah seluruh jaringan stabil. Bahkan, dalam kasus peradangan, disarankan untuk membuang penyebabnya dan memastikan bahwa peradangan telah mereda sebelum melakukan Operasi Revisi.

Oleh Karena itu, ketika pasien ingin melakukan Operasi Revisi Hidung, inilah hal penting untuk memilih Klinik yg dapat mengetahui penyebab sumber ketidakpuasan & melihat kondisi pasien melalui konsultasi yg cukup.

Waktu Ideal untuk Operasi Revisi Hidung

  • 3 ~ 6 bulan
    setelah operasi sebelumnya
  • Dalam kasus peradangan,
    setelah penyebab telah dihilangkan
  • Setelah peradangan
    mereda
  • Jika ujung hidung menurun seiring waktu Jika ujung hidung menurun seiring waktu

    Jika ujung hidung menurun seiring waktu

    Tulang rawan ujung hidung yg lemah & kolumela pendek memberikan resistensi yg tidak cukup ketika ujung hidung ditekan ke bawah, tulang rawan akan menurun seiring waktu dari posisi awal.
    Oleh karena itu, bentuk & kekuatan ujung hidung harus diperika secara tepat pada tahap konsultasi & diagnosis sehingga ujung hidung dapat dipertajam melalui operasi pemanjangan / pemerkuat septum.

    • Memeriksa dukungan struktural untuk ujung hidung melalui diagnosis akurat

      Mendukung ujung hidung melalui pemanjangan septum / operasi columella

  • Jika kontraktur telah meningkat & memperpendek ujung hidung Jika kontraktur telah meningkat & memperpendek ujung hidung

    Jika kontraktur telah meningkat & memperpendek ujung hidung

    Ini adalah komplikasi yg jarang terjadi karena pasien tidak mengambil tindakan atas peradangan pos-operasi.
    Untuk memperbaikinya, ujung hidung harus dikoreksi sementara jaringan yg bermasalah di dalam hidung dihilangkan & sisa jaringan kulit dibuang. Setelah itu, ujung yg turun diatur kembali melalui implan buatan / autologous. Pada saat ini, sangatlah penting untuk secukupnya memperpanjang jaringan lunak yg terkelupas sehingga ujung hidung tidak terangkat kembali. Setelah operasi, perawatan proaktif seperti menghindari merokok, mengonsumsi alcohol, melakukan massage dll diperlukan untuk mencegah terulangnya kembali permasalahan pada area hidung.

    • Membuang penyebab kontraktur & jaringan yg bermasalah

      Pemanjangan yg cukup pada bagian jaringan yg sudah terkelupas

    • Memilih implan yg sesuai untuk ditaruh di ujung hidung

      Perawatan proaktif seperti menghindari merokok, mengonsumsi alcohol, melakukan massage dll

  • Jika ujung hidung terlihat tumpul Jika ujung hidung terlihat tumpul

    Jika ujung hidung terlihat tumpul

    Ujung hidung yg tampak tumpul setelah operasi tidak memuaskan banyak pasien. Hal ini dapat disebabkan ketika tulang rawan semakin turun, lemak subkutan tidak terawat dengan baik/ tulang rawan yg dicangkokkan ke ujung hidung diposisikan secara kurang tepat. Semua hal tsbt disebabkan oleh operasi sebelumnya. Setelah alasan ketidakpuasan telah diidentifikasi, penyesuaian dapat dilakukan dengan membuang jaringan parut kemudian mempersempit tulang rawan / mencangkokkan kembali tulang rawan ujung hidung setelah dibentuk dalam ukuran yg lebih tepat.

    • Koreksi revisi lebar tulang rawan ujung hidung

      Tulang rawan dicangkokan kembali setelah ukuran dibentuk lebih tepat

  • Jika batang hidung terasa terlalu tinggi atau terlalu rendah Jika batang hidung terasa terlalu tinggi atau terlalu rendah

    Jika batang hidung terasa terlalu tinggi atau terlalu rendah

    Proporsi antara fitur wajah seperti dahi, garis rahang dll, penting dalam operasi hidung & bagaimana hidung cocok dengan citra pasien juga harus diingat. Tanpa melakukannya, seberapa tinggipun batang hidung dapat terlihat terlalu tinggi / rendah. Banyak pasien yg menginginkan Operasi Revisi termasuk dalam kategori ini. Dalam kasus ini, hal yg penting adalah menyesuaikan kembali tinggi batang hidung melalui perbaikan tulang / mengubah ukuran implan dengan pertimbangan keseluruhan harmoni wajah.

    • Tinggi ditentukan oleh proporsi yg relatif terhadap fitur wajah

      Cangkok implan berukuran tepat

  • Jika batang hidung terasa terlalu lebar / terlalu sempit Jika batang hidung terasa terlalu lebar / terlalu sempit

    Jika batang hidung terasa terlalu lebar / terlalu sempit

    Preferensi pada batang hidung bervariasi berdasarkan individu, tetapi secara fundamental, hal yg penting adalah siluet garis yg dimulai dari sisi dalam alis mata & mengikuti kedua sisi batang hidung. Perbedaan preferensi antara pria dan wanita juga penting untuk dipahami. Dalam kasus ini, kunci penyesuaian untuk batang hidung adalah membentuk implan dengan ukuran yg sesuai & dicangkokan secara simetris. Area implan sebelumnya pun harus cukup dikelupas sebelum pencangkokan untuk meminimalisasi kemungkinan implan melengkung dalam ruang yg tidak cukup.

    • Menentukan lebar hidung sesuai titik awal alis mata & proporsi individu

      Mencangkokan implan secara simetris

      Mencegah lengkungan implan dengan deskuamasi ruang implan dengan cukup

  • Jika batang hidung tampak melengkung Jika batang hidung tampak melengkung

    Jika batang hidung tampak melengkung

    Hidung terletak di tengah wajah, maka lebih sensitif terhadap asimetri atau lengkungan. Dalam kasus ini, bukan hanya lengkungan yg harus ditangani, tetapi juga simetri wajah secara keseluruhan, derajat kemiringan tulang hidung, kelengkungan garis wajah tengah & bila pernah dicangkokkan implan, apakah implan sebelumnya telah melengkung atau tidak. Jika penyebab kelenturan tidak dapat ditemukan selama diagnosis, dapat menyebabkan hal ini terjadi kembali. Jika wajah yg asimetris atau garis tengah wajah sendiri melengkung, kontur wajah adalah pilihan, tetapi biasanya tidak ada kasus wajah yg seimbang sempurna, maka tidak ada cara untuk memperbaiki dengan sempurna untuk asimetri. Namun, jika asimetri terjadi pada bagian kemiringan tulang hidung, simetri dapat dibuat dengan osteotomi luar dgn memotong area luar tulang hidung. Tambahan lain, jika masalahnya terletak di dalam implan, ada perbaikan yg relatif lebih mudah dengan mengganti implan setelah cukup mengelupas area tersebut.

    • Mengetahui penyebab asimetri melalui pemeriksaan keseluruhan wajah

      Dalam kasus asimetri wajah, diperlukan operasi Two Jaw atau Kontur Wajah.

      Dalam kasus asimetri pada bagian tulang hidung yg miring, kelenturan dibantu melalui osteotomi luar.

      Dalam kasus implan melengkung yg dicangkokan sebelumnya, dapat diganti dengan implan yg baru, setelah ruang untuk implan baru dilakukan deskuamasi secukupnya untuk mencegah hal tsbt terulang lagi.

  • Kasus dimana implan terlihat secara tembus pandang Kasus dimana implan terlihat secara tembus pandang

    Kasus dimana implan terlihat secara tembus pandang

    Dalam kasus kulit pucat & tipis atau jika implan terlalu berlebihan, implan dapat terlihat. Dalam kasus ini, perbaikan dapat dilakukan dengan AlloDerm atau fascia temporal yg dapat melengkapi ketebalan kulit. Tambahan lagi, dapat dicegah terulangnya lagi oleh pemindahan posisi implan lebih ke dalam daripada lapisan kulit.

    • Melindungi kulit tipis dengan AlloDerm / fascia temporal

      Pemindahan posisi implan lebih ke dalam daripada lapisan kulit

  • Kasus dimana implan batang hidung bergerak Kasus dimana implan batang hidung bergerak

    Kasus dimana implan batang hidung bergerak

    Terkadang beberapa pasien mengalami sensasi pergerakan implan batang hidung. Namun, hal ini biasanya disebabkan oleh sensasi licin yg diberikan oleh epitel berserat yg terbentuk di sekitar implant & sebenarnya pergerakan implan dalam jaringan tidak sering terjadi. Tentu saja, jika sensasi saja menyebabkan ketidaknyamanan & stres, perbaikan dapat dilakukan dengan memasukkan implan di bawah periosteum sesuai dengan bentuk & kurva batang hidung / menggunakan implan Gore-Tex.

    • Memerlukan pemeriksaan terperinci apakah implan benar-benar bergerak

      Memperbaiki implan sesuai dengan bentuk & kurva batang hidung

      penggantian implan Gore-Tex

  • Jika tulang rawan yg dicangkokkan ke ujung hidung terlihat secara tembus pandang / tampak bengkok Jika tulang rawan yg dicangkokkan ke ujung hidung terlihat secara tembus pandang / tampak bengkok

    Jika tulang rawan yg dicangkokkan ke ujung hidung terlihat secara tembus pandang / tampak bengkok

    Jika kulit bagian ujung hidung tipis, pasien dapat melihat tulang rawan yg dicangkokkan terlihat melalui kulit / menjadi bengkok seiring waktu. Dalam kasus ini, perbaikan dapat dilakukan dengan mencangkokan dermis diri sendiri / AlloDerm yg dapat menambah ketebalan kulit antara kulit yg menipis & tulang rawan/ dengan menghapus tulang rawan asli, kemudian mencangkokan tulang rawan & dermis yg baru & diposisikan pada lokasi yg tepat.

    • Mencangkokkan dermis sendiri / AlloDerm yg dapat menambah ketebalan kulit antara kulit yg menipis & tulang rawan

      Menghapus tulang rawan asli, kemudian mencangkokan tulang rawan yg baru pada posisi yg tepat

Ini adalah contoh dari operasi revisi hidung yg umum, alasan & metode yg praktis untuk operasi revisi. Ada beberapa hal yg mungkin berbeda, bergantung pada kondisi individu. BANOBAGI bertujuan untuk melakukan Operasi revisi hidung yg lebih memuaskan melalui konsultasi sistematis & operasi komprehensif

Klik disini untuk meilhat foto sebelum & sesudah

Sebelum & Sesudah

Sebelum & Sesudah

Sebelum
3 bulan setelah operasi
Sebelum
4 bulan setelah operasi
Sebelum
3 bulan setelah operasi
Sebelum
3 bulan setelah operasi
Sebelum
3 bulan setelah operasi
Sebelum
3 bulan setelah operasi

※ Foto yang terlampir dapat terlihat berbeda dari bentuk asli bergantung pada kebutuhan pemotretan dan hasil foto telah mendapat persetujuan dari pasien yg terlampir.